Thursday 26 January 2017

Worship

Penyembahan atau Worship merupakan suatu hal yang sering kita dengar, bahkan sering kita melakukannya, penyembahan baik di gereja atau sendiri. penyembahan kerapkali di identikan dengan mengangkat tangan pada saat di gereja, berikut beberapa pengertian Worship atau penyembahan:
1. "to have or show a strong feeling of respect and admiration for God or a god"
2.  Proskuneo yang artinya "menyembah, memuja; berlutut membungkukkan diri atau jatuh menyembah dihadapan orang lain."
3. sembah/sem·bah/ n pernyataan hormat dan khidmat (dinyatakan dengan cara menangkupkan kedua belah tangan atau menyusun jari sepuluh, lalu mengangkatnya hingga ke bawah dagu atau dengan menyentuhkan ibu jari ke hidung) mengangkat -- , menghormat dengan sembah.

"Worship is not an act, but worship is an attitude".

penyebahan tidak sebatas dilakukan di gereja, penyembahan tidak terbatas oleh suatu music yang indah, penyembahan juga bukan lah hanya sekedar sikap kita atau gaya kita di gereja,  tapi penyembahan adalah Hidup Kita.

“Your worship must engage your spirit in the pursuit of truth. That’s the kind of people the Father is out looking for: those who are simply and honestly themselves before him in their worship. God is sheer being itself—Spirit. Those who worship him must do it out of their very being, their spirits, their true selves, in adoration.”
John 4:23-24 MSG

Berdasarkan ayat tersebut dapat disimpulkan :
Allah menginginkan penyembahan yang melibatkan atau mengikutsertakan roh kita, yang terus mengejar kebenaran, karena itulah yang dicari Tuhan, orang yang sederhana dan jujur dalam menyembah dia. Tuhan itu adalah roh, barangsiapa yang ingin menyembah dia, harus menyembah dia dalam roh, dalam penyembahan karena kita mengasihi Dia.

terdapat tiga point penting dalam ayat tersebut:

1. Engagage your spirit in the pursuit of truth,penyembahan kita harus terikat dengan roh dimana roh tersebut / kita terus berusaha untuk mengejar kebenaran. Penyembahan yang sejati adalah Penyembahan yang melibatkan Tubuh, Jiwa, dan Roh. Apa yang di maksud dengan kebenaran ? Kebenaran disini adalah berbicara mengenai dua hal, yaitu:

a. "if you know the truth, the truth will set you free"
Kebenaran disini adalah kebenaran dari Alkitab, sehingga untuk mencapai kebenaran, dibutuhkan usaha/ effort dari diri kita sendiri untuk mencari kebenaran itu sendiri, caranya dengan membaca, merenungkan Alkitab dan melakukannya.
b. Hidup Kudus
tidak ada seorangpun yang kudus, hal ini tidak berarti kita boleh mengabaikan kekudusan itu sendiri."Berusahalah hidup damai dengan semua orang dan kejarlah kekudusan, sebab tanpa kekudusan tidak seorang pun akan melihat Tuhan."(Ibr 12 : 14 ), bagaimana kita dapat menyembah Tuhan/ bertemu dengan Tuhan jika kita tidak berusaha untuk mengejar kekudusan.



2. Simply and Honestly, sederhana dan jujur berbicara mengenai kerendahan hati (Humble) dan jujur, penyembahan yang dilakukan harus dilakukan dengan kerendahan hati dan tidak berpura-pura (Pretend). ketika kita merendahkan diri kita hingga pada titik terendah, disitu Tuhan akan mengangkat kita ketempat tertinggi, dimana kita dapat "bertemu/ berjumpa dengan Tuhan". (Filipi 2:4-9).


3. Adoration, beberapa arti dari adoration:
  • very strong love for someone : worship or love
  • deep love and respect.
  • worship and veneration
berdasarkan arti tersebut dapat disimpulkan bahwa  akibat dari suatu rasa cinta atau kasih yang besar maka seseorang seseorang dengan sendirinya  akan menyembah orang/subject tersebut, demikian juga kita menyembah dia karena kita mencintai, kita mengasihi dia.

"We Worship Him not Because we want Achieve/ get something, but we Worship Him, Because we love it/want " 

-Agata Verencia-


Apakah Penyembahan kita berkenan ? "A song of ascents. Of Solomon. Unless the LORD builds the house, its builders labour in vain. Unless the LORD watches over the city, the watchmen stand guard in vain." Psalms 127 :1 (NIV). semua yang kita lakukan akan sia-sia jika Tuhan tidak berkenan terhadap penyembahan kita. Allah tidak akan berkenan kepada orang-orang  yang hidup dalam keinginan Daging (Rm 8:8), tetapi Allah berkenan jika Kita ber- Iman dan memberikan yang Terbaik (Ibr 11:4). Bagimana kita mengetahui jika Allah berkenan terhadap penyembahan kita ?
Roma 14 : 17-18 mengatakan ada dua hal yang menjadi tanda bahwa Allah berkenan, yaitu : Jika kita sudah memberikan yang terbaik, dan kita merasakan adanya Sukacita dan Damai Sejahtera. GBU







by :
Raphael Christopher
@MYC Dormitory 308
Universitas Pelita Harapan








Refrences :
[1] http://dictionary.cambridge.org
[2] https://heisyhwh.blogspot.co.id/2016/11/humble.html
[3] Sabda.org

No comments:

Post a Comment